Langsung ke konten utama

Contoh SOAL dan JAWABAN BK Pendidikan


1.      Pengertian bimbingan dan konseling serta tujuan BK pendidikan
2.      Jelskan dasar dan prinsip Bimbingan dan konseling
3.      Mengapa agama dan psikologi penting sbg dasar bimbingan dan konseling?
4.      Jelaskan macam-macam layanan bimbingan dan konseling
5.      Sebutkan dan jelaskan teknik-teknik bimbingan dan konseling
6.      Jelaskan bimbingankarir dan bimbingan jabatan
7.      Bagaimana peran kepala sekolah dalam melaksanakan bimbingan dan konseling
8.      Bagaimana peranan guru dalam melaksanakan bimbingan dan konseling

==jawaban===
1.      Bimbingan adalah suatu proses pemberian bantuan kepada seseorang agar mampu memahami diri dan lingkungan sektar sehingga mampu mencapai perkembangan optimal. Sedangkan konseling adalah suatu proses interaksi (adanya timbal balik), adanya hubungan antara seseorang dengan orang lain, dimana seseorang tersebut berusaha untuk mengatasi masalah dan dapat menyelesaikan masalah dengan keputusan dan penyesuaian dirinya.
Tujuan Bimbingan dan konseling pendidikan adalah membantu siswa agar memiliki kompetensi dan berhasil mengembangkannya seoptimal mungkin, atau dg kata lain siswa tersebut mampu meraih nilai yang optimal, mampu dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah dan mampu menjadikan dirinya apa yang seharusnya dilakukan sebagai seorang siswa.
2.      Berikut dasar bimbingan dan konseling :
-          Rahasia, konselor mampu merahasiakan segenap data klien/konseli yang tidak layak diketahui oleh orang lain
-          Sukarela, terhadap layanan konselor maupun konseli bersukarela atas layanan yang akan dilakukan.konselor wajib membina dan mengembangkan kesukarelaan tsb.
-          Terbuka, konseli mampu terbuka kepada konselor dan tidak berpura-pura. Konselor sebagai pendukung agar konseli jujur apa adanya.
-          Kegiatan, layanan konseling adalah suatu kegiatan. Maka konseli diharapkan mampu berpartisipasi aktif dalam kegiatan layanan bimbingan konseling tersebut. konselor perlu mendorong klien aktif dalam setiap layanan bimbingan konseling.
-          Mandiri, setelah dilakukannya layanan bimbingan dan konseling konseli mampu mandiri dalam menerima diri, lingkungan, pengambilan keputusan.
-          Kini/kekinian menghendaki agar layanan bimbingan dan konseling membawa permasalahan klien kepada kondisi sekarang. Layanan ini dikaitkan dg masa depan dan masa lampau.
-          Dinamis, layanan bimbingan konseling diharuskan bergerak maju atau tidak monoton sehingga terus berkembang sesuai dengan kebutuhan.
-          Terpadu, berbagai layanan bimbingan konseling hendaknya saling menunjang dan harmonis dalam segala halnya, kerja sama antara guru wali kelas kepsek ( pendididkan) harus berkomunikasi/nyambung.
-          Harmonis, segenap layanan hendaknya didasarkan pada nilai dan norma yang berlaku
-          Ahli, hendaknya layanan bimbingan dan konseling diselenggarakan atas dasar kaidah-kaidah profesional.
-          Alih tangan kasus, pihak-pihak yang tdk mampu menyelenggarakan layanan, hendaknya tepat dan tuntas untuk di alih tangankan permasalahan kepada pihak yang lbh ahli
-          Tut wuri handyani, bimbingan dan konseling hendaknya secara keseluruhan dapat menciptakan suasana yang melayani dg memeberikan rasa kenyamanan, mengembangkan keteladanan, memberi rangsangan dan dorongan dan kesempatan seluas-luasnya kpd siswa/klien.
Berikut prinsip bimbingan dan konseling, yaitu :
a.       Bimbingan adalah suatu proses membantu seseorang agar mereka menyelesaikan masalahnya oleh dirinya sendiri
b.      Hendaknya konselor fokus kpd klien saat melakukan layanan
c.       Bimbingan diarahkan kpd individu dan tiap individu pastinya emiliki karakter yg berbeda
d.      Masalah dpt diselesaikan oleh konselo/guru BK sejawaat.
e.       Layanan akan dimulai denga identifikasi kebutuhan yg dirasakan oleh individu yg akan diberikan  layanan
f.       Kegiatan layanan harus luwes dan fleksibel sesuai dengan kebutuhan individu dan masyarakat.
g.      Program layanan bimmbingan dan konseling harus sesuai dg program pendidikan pd lembaga yg bersangkutan.
h.      Hendaknya pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling oleh orang yang ahli dibidangnay.
i.        Hendaknya melaksanakan program layanan di evaluasi setelahnya untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan program tsb
3.      Layanan bimbingan dan konselig tidak bisa dipisahkan dari agama, Karena agama berperan sebagai penenang jiwa ketika seseorang dihadapkan pd suatu masalah maka akan terjadi konflik pada hatinya. Obatnya berhubungan dengan agama/ibadah dll. Agama juga berperan sbg motivator untuk mempunyai sikap dan tingkah laku sesuai dengan tuntutan agama. psikologi pun mempunyai peran penting didalam layanan bimbingan dan konseling, psikologi sbg metode dlm mengidentifikasi masalah klien, psikologi sbg diagnosis masalah agar solusi bisa didapatkan sesuai dengan karakter masalah, psikologi juga sbg motivator kpd klien untuk tumbuh dan berkembang dan yang terakhir psikologi juga sbg bahan evaluasi atas solusi masalah yg dihadapi oleh klien.
4.      Macam layanan bk :
1)      Layanan orientasi, layanan yg diberikan guru BK agar siswa memahami lingkungan baru, terutama di sekolah dan sekitarnya. Guru BK wajib memberikan pemahaman kpd siswa mengenai beradaptasi dan menyesuaikan diri dg lingkungan yang baru. Fungsinya untuk mencegahan dan pemahaman.
2)      Layanan informasi, siswa layanan ini memungkinkan agar siswa menerima dan memahami segala bentu informasi dari guru BK. Tujuannya membantu siswa agar bisa mengambil keputusan dg tepat mengenai sesuatu, dalam bidang pribadi,sosial,karir, dsb. Fungsinya sama untuk pencegahana dan pemahaman.
3)      Layanan konten, layanan ini diharapkan siswa mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik dlm penguasaan ilmu disekolah dan sesuai dengan kecepatan  dan kemampuan dirinya. Fungsinya untuk pengembangan.
4)      Layanan penempatan dan penyaluran, layanan yang memungkinkan siswa bisa mendapatkan kesempatan dan penyaluran di kelas, dalam kelompok belajar, atau masa depan/kariernya. Tujuannya agar siswa terarah jelas sesuai keinginan dan kemampuannya. Fungsinya sbg pengembangan.
5)      Layanan konseling perorangan, seluruh ,siswa diharapkan memiliki kesempatan layanan langsung tatap muka secara perorangan dengan guru BK untuk menyelesaikan masalah yg dihadapi siswa tsb. Fungsinya untuk pengentasan dan advokasi.
6)      Layanan bimbingan kelompok , layanan ini memungkinkan sejumlah atau beberapa siswa secara bersama merasakan bimbingan tidak hanya sendiri, tetapi bersama teman yang lain dengan bahan / tema yang sama. Fungsinya sbg pemahaman dan pengembangan.
7)      Layanan konseling kelompok, layanan ini dilakukan oleh sejumlah siswa juga ( tidak sendiri) untuk membahas dan menyelesaikan masalah. Siswa yang mengikuti konseling kelompok adalah yang memiliki masalah yang sama/ satu topik dengan siswa yang lain. fungsinya untuk pengentasan dan advokasi.
8)      Konsultasi, layanan ini membantu para siswa dlm mendapatkan wawasan, pemahaman, dan cara-cara yg perlu dilakukan dlm menangani kondisi/masalah siswa.
9)      Mediasi, yaitu layanan dimana guru BK menyelesaikn permasalahan dan memperbaiki hubungan antarmereka.
5.      Teknik-teknik bimbingan dan konseling
-          Teknik umum konseling 1
1.      Attending, menghampiri klien. Mencangkup kontak mata, bahasa tubuh juga bahasa lisan. Attending ini harus dilakukan dg baik sehingga dpt menimbulkan sesuatu yg positif misalnya meningkatkan harga diri klien, menciptakan suasana yg aman, mempermudah ekspresi perasaan klien dg bebas.
2.      Empati, konselor harus merasakan apa yang dirasakan oleh klien. Empati ini dilakukan sejalan dg attending tadi.
3.      Refleksi, yaitu teknik untuk memantulkan kembali pada klien mengenai perasaan, pengalaman, pikirandll.
4.      Eksplorasi, yaitu teknik untuk menggali perasaan pikiran, dan pengamatan klien. Teknik ini dilakukan agar klien bisa bebas berbicara tanpa rasa takut, tertekan, malu, terancam dsb.
5.      Menangkap pesan (paraphrasing),, yaitu teknik untuk menyatakan kembali inti ungkapan daripada klien dengan teliti kita sbg konselor harus emndengarkan apa yang dikatakan klien. Juga mengungkapkan kalimat yangmudah dan sederhana.
6.      Pertanyaan terbuka, teknik ini untuk memancing klien/siswa agar mau bicara, mengungkapkan apa yang dirasakan, pemikirannya, dana atau pengalamannya. Misal : “apakah Anda merasa ada sesuatu yg ingin kita bicarakan?”
7.      Pertanyaan tertutup, dalam konseling tidak semua harus meggunakan pertanyaan terbuka. Kadang dalam hal tertentu kita dapat menggunakan pertanyaan tertutup yangharus dijawab dg kata ya atau tidak atau dengan kata-kata singkat.
8.      Dorongan minimal/respon, teknik ini memberikan motivasi/ dorongan langsung yang singkat terhadap apa yang dikataka klien. Orang yang curhat minimal harus dijawab oh,, terus, gimana, dan,iya. Jawaban atau respon tersebut biasanya klien akan lebih merasa dihargai.
9.      Interprestasi, teknik ini untuk mengulas pemikiran, perasaan, pengalaman klien yang merujuk ke teori-teori. Tujuannya memberikan rujukan pandangan agar klien mengerti dan berubah melalui pemahaman dari hasil rujukan baru tsb.
10.  Mengarahkan (directing), teknik ini mengajak dan mengarahkan klien melakukan sesuatu. Misal, menyuruh klien bermain peran atau mengkhayalkan sesuatu.
11.  Menyimpulkan sementara, teknik ini untuk menyimpulkan sementara pembicaraan , sehingga arah pembicaraan kedepan semakin jelas.
6.      Bimbingan karir adalah bimbingan kepada seseorang atau orang banyak untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja, memilih lapangan kerja, memilih profesi atau jabatan apa yang tepat, juga membekali diri supaya siap memangku/ mengambil profesi itu.
sedangkan bimbingan jabatan adalah suatu proses membantu seseorang untuk mengerti dan menerima gambaran tentang dirinya dan dunia kerja diluar dirinya untuk dpt menyiapkan diri, memilih bidang pekerjaan dan membina karir dalam bidang tsb.
7.      Peran kepala sekolah:
·         Mengkordinir segenap kegiatan yg diprogramkan guru BK dan berlangsung diskeolah sehingga pelayanan terlaksana dg baik
·         Menyediakan prasarana, tenga, dan berbagi kemudahan untuk pelaksanaan layanan bimbingan dan  konseling. Sehingga layanan terlaksana dg efektif dan efisien.
·         Melakukan pengawasan dan pembinaa trhadap rencana, dan pelaksanaan program, juga menilai dan ada upaya tindak lanjut pelayanan bimbingan dan konseling tsb.
·         Bertanggung jawab atas pelaksanaan pelayanan bimbingan konseling
·         Memfasilitasi guru pembimbing/konselor/ guru BK untuk bdpt mengembangkan kemampuan profesionalnya, melalui berbagai kegiatan pengembangan profesi.
·         Menyediakan fasiitas, kesempatan, dan dukungan dlm kegiatan kepengawasan yg dilakukan pengawas skolah bidang BK
8.      Peran guru :
·         Membantu mensosialisasikan pelayanaan bimbingna dan konseling pada siswa
·         Membantu guru BK mengidentifikasi siswa-siswa mana saja yg memerlukan layanan bimbingan konseling, serta membantu penguumpulan data ttg siswa2 tsb
·         Mengalihtangankan siswa yg memerlukan playanan bmbingan konseling pada guru BK
·         Membantu mengembangkan suasana kelas hubuungan antar guru dg siswa, siswa dg siswa dan menunjang pelaksanaan pelayanna bimbingan konseling
·         Memberi kesempatan dan kemudahan pada siswa yg memerlukan layanan bimbingan dan konseling
·         Berpartisipasi dlm kegiatan khusus penanganan siswa misal, konferensi kasus
·         Membantu mengumpulkan segenap informasi yg dibutuhkan dalam ragka penilaian bimbingan konseling dan ada upaya tindak lanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh TEKS MC Bahasa Sunda

السلام عليكم ور حمة الله وبركاته الحمد لله وكفى .   الصلاةوالسلام على النبي المصطفى وعلى اله و اصحابه اهل الصدق                                                                                         والوفى (امابعد)                          Tipayun hayu urang sami-sami manjatkeun puji syukur ka ALLAH swt, anu parantos masihan kanikmatan ka urang sadaya terutami nikmat panjang umur, nikmat sehat. Sehingga urang tiasa kempel dina aca...

Lahir Tanggal berapa? Ini kata Buku psikologi karakter berdasarkan tanggal lahir

Trik #54 Membaca Karakter Berdasarkan Tanggal Lahir Kepribadian seseorang bisa dilihat dari tanggal lahirnya. Jika kamu ingin mengetahui kepribadianmu atau orang lain melalui tanggal lahir, maka kamu harus mengetahui simbol dari tanggal lahir kamu. A.      Januari v    Januari 01 – 09 = simbol anjing v    Januari 10 – 24 = simbol tikus v    Januari 25 – 31 = simbol singa B.       Februari v    Februari 01 – 05 = simbol kucing v    Februari 06 – 14 = simbol merpati v    Februari 15 – 21 = simbol kura-kura v    Februari 22 – 28 = simbol panther C.       Maret v    Maret 01 – 12 = simbol monyet v    Maret 13 – 15 = simbol singa v    Maret 16 – 23 = simbol tikus v    Maret 24 – 31 = simbol kucing D.      April v    April 01 – 03 = simbol anjing v...