Langsung ke konten utama

RPL Kesadaran Diri - Bimbingan Kelompok


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KELOMPOK


KOMPONEN
Standar Kompetensi
Kesadaran Diri
Tujuan
Peserta memperoleh pengetahuan, sikap, dan keterampilan interpersonal untuk membantu memahami diri peserta didik
Indikator
1.    Peserta mampu mengenal diri sendiri melalui kesadaran diri.
2.    Peserta dapat mengenal diri sendiri melalui tes yang akan diberikan
Materi
Kegiatan ini dilakukan secara bersama-sama dengan melalui  teknik role playing “Who Am I”
Alat dan Bahan
Teks yang berisi tentang soal-soal yang mendukung kesadaran diri peserta didik
Durasi
60 menit


Teknik
Diskusi dan diselingi dengan ice breaking
Langkah-Langkah
Tahapan Kerja
Tahap Awal (Beginning)












Tahap Transisi (Transition)



Tahap kerja (Working)


































Tahap akhir (Termination)



·         Konselor memasuki ruangan dan mengucapkan salam  
      kepada peserta .
·         Konselor memperkenalkan diri kepada peserta didik
·         Peserta didik memperkenalkan dirinya kepada konselor
·         Konselor menyampaikan tujuan dan materi yang akan
    disampaikan.
·         Ice breaking dengan menyanyikan lagunya secara bersama-sama. Peserta didik dengan kompak mengatakan “I Know, and Understand, I can do it” dengan tujuan agar apa yang dikatakan itulah yang terealisasikan.




1.      Peserta bersiap-siap untuk mendapatkan pengarahan dari
     konselor.
2. Konselor menjelaskan gambaran mengenai bimbingan 
    melalui “Who Am I”.

1.       Mengajak peserta untuk duduk membentuk setengah lingkaran dan relaksasi.
2.       Setelah peserta nyaman peserta diajak untuk mengenal diri sendiri melalui situasi sehari-hari yang telah dilakukan.
3.       Konselor mulai memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengerucut kepada kesadaran diri peserta didik.
4.       Ice Breaking yang kedua yaitu untuk melatih konsentrasi peserta didik dengan mengikuti apa yang telah diinstruksikan oleh konselor.


5.       Identifikasi (What You See)
Memberikan pertanyaan reflektif berdasarkan fantasi tersebut, dan meminta peserta untuk mendiskusikannya dalam kelompok.
      1. Bagaimana perasaan kamu ketika melakukan kegiatan ini?.
2. Apakah kamu sudah mengenal diri dengan baik?.
3. Apakah kamu memiliki kompetensi baik minat, ataupun bakat di dalam diri kamu?

Analisis (What You Feel)
    Mengajak peserta untuk melihat kepada diri sendiri :
        1. Merasa /“Who Am I” siapa diri saya?.
   2. Apakah saya sudah mengenal diri sendiri ?
   3. Apakah saya sudah bermanfaat dan apakah saya  akan   
       mengembangkan sikap positif?.
   4.. Apabila belum bermanfaat, apa yang akan saya lakukan?.

Generalisasi (What’s next)
1. Apakah saya sudah mengenal diri saya?
2. Apakah saya memiliki kesadaran diri dengan mengenal diri saya sendiri?
3. Apakah saya sudah berinteraksi dengan baik terhadap diri dan lingkungan saya?


1.   Setelah selesai, sangatlah penting untuk  
            membahas kesulitan-kesulitan dalam melakukan kegiatan
            ini dan yang paling penting peserta bisa berbagi mengenai
            makna yang diambil.
2.      Konselor memberikan sedikit kata-kata mutiara yang dapat memotivasi peserta didik.
3.       Melakukan refleksi terhadap diri sendiri, apakah peserta sudah mengenal diri sendiri selama ini.
4.       Peserta membuat kesimpulan bersama: (a)bagaimana caranya kita bisa mengenal diri sendiri dan memiliki kesadaran diri untuk selalu bermanfaat buat diri dan orang lain, (b) bagaimana kita belajar dari orang lain untuk meningkatkan kompetensi baik minat ataupun bakat kita.
5.      Peserta didik memberikan kesan dan pesannya kepada konselor.
 Terminasi
A. Refleksi Umum
Sebelum mengakhiri kegiatan ini, konselor melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Kemudian mengambil kesimpulan bersama atas makna yang didapat pada saat melakukan kegiatan. Berbagi pendapat atas manfaat yang didapat.
B. Tindak Lanjut
Konselor menyampaikan rencana kegiatan selanjutnya  untuk peningkatan potensi diri konseli melalui “self awareness training
C. Evaluasi Tindak Lanjut
Dalam bimbingan kelompok yang melalui proses “role playing” ini, peserta dituntut untuk mengenal diri sendiri lebih dalam. Refleksi kepada diri peserta harus melihat potensi diri untuk bisa bekembang  melalui “self awareness”. Diharapkan dengan dilakukannya bimbingan kelompok ini, peserta dapat meningkatkan kesadaran dirinya melalui pengenalan diri sendiri, sehingga akan fokus untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh SOAL dan JAWABAN BK Pendidikan

1.       Pengertian bimbingan dan konseling serta tujuan BK pendidikan 2.       Jelskan dasar dan prinsip Bimbingan dan konseling 3.       Mengapa agama dan psikologi penting sbg dasar bimbingan dan konseling? 4.       Jelaskan macam-macam layanan bimbingan dan konseling 5.       Sebutkan dan jelaskan teknik-teknik bimbingan dan konseling 6.       Jelaskan bimbingankarir dan bimbingan jabatan 7.       Bagaimana peran kepala sekolah dalam melaksanakan bimbingan dan konseling 8.       Bagaimana peranan guru dalam melaksanakan bimbingan dan konseling ==jawaban=== 1.       Bimbingan adalah suatu proses pemberian bantuan kepada seseorang agar mampu memahami diri dan lingkungan sektar sehingga mampu mencapai perkembangan optimal. Sedangkan konseling ...

Contoh TEKS MC Bahasa Sunda

السلام عليكم ور حمة الله وبركاته الحمد لله وكفى .   الصلاةوالسلام على النبي المصطفى وعلى اله و اصحابه اهل الصدق                                                                                         والوفى (امابعد)                          Tipayun hayu urang sami-sami manjatkeun puji syukur ka ALLAH swt, anu parantos masihan kanikmatan ka urang sadaya terutami nikmat panjang umur, nikmat sehat. Sehingga urang tiasa kempel dina aca...

Lahir Tanggal berapa? Ini kata Buku psikologi karakter berdasarkan tanggal lahir

Trik #54 Membaca Karakter Berdasarkan Tanggal Lahir Kepribadian seseorang bisa dilihat dari tanggal lahirnya. Jika kamu ingin mengetahui kepribadianmu atau orang lain melalui tanggal lahir, maka kamu harus mengetahui simbol dari tanggal lahir kamu. A.      Januari v    Januari 01 – 09 = simbol anjing v    Januari 10 – 24 = simbol tikus v    Januari 25 – 31 = simbol singa B.       Februari v    Februari 01 – 05 = simbol kucing v    Februari 06 – 14 = simbol merpati v    Februari 15 – 21 = simbol kura-kura v    Februari 22 – 28 = simbol panther C.       Maret v    Maret 01 – 12 = simbol monyet v    Maret 13 – 15 = simbol singa v    Maret 16 – 23 = simbol tikus v    Maret 24 – 31 = simbol kucing D.      April v    April 01 – 03 = simbol anjing v...