RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KELOMPOK
KOMPONEN
|
|
Standar
Kompetensi
|
Kesadaran Diri
|
Tujuan
|
Peserta memperoleh
pengetahuan, sikap, dan keterampilan interpersonal untuk membantu memahami
diri peserta
didik
|
Indikator
|
1. Peserta
mampu mengenal diri sendiri melalui kesadaran diri.
2. Peserta
dapat mengenal diri sendiri melalui tes yang akan diberikan
|
Materi
|
Kegiatan
ini dilakukan secara bersama-sama dengan melalui teknik role
playing “Who Am I”
|
Alat
dan Bahan
|
Teks
yang berisi tentang soal-soal yang mendukung kesadaran diri peserta didik
|
Durasi
|
60 menit
|
|
|
Teknik
|
Diskusi
dan diselingi dengan ice breaking
|
Langkah-Langkah
|
|
Tahapan Kerja
|
|
Tahap Awal (Beginning)
Tahap Transisi (Transition)
Tahap kerja (Working)
Tahap akhir (Termination)
|
·
Konselor memasuki
ruangan dan mengucapkan salam
kepada
peserta .
·
Konselor
memperkenalkan diri kepada peserta didik
·
Peserta didik
memperkenalkan dirinya kepada konselor
·
Konselor menyampaikan
tujuan dan materi yang akan
disampaikan.
·
Ice
breaking dengan menyanyikan lagunya secara
bersama-sama. Peserta didik dengan kompak mengatakan “I Know, and Understand,
I can do it” dengan tujuan agar apa yang dikatakan itulah yang
terealisasikan.
1.
Peserta bersiap-siap untuk mendapatkan pengarahan dari
konselor.
2. Konselor menjelaskan gambaran mengenai
bimbingan
melalui “Who
Am I”.
1. Mengajak
peserta untuk duduk membentuk setengah lingkaran dan relaksasi.
2. Setelah
peserta nyaman peserta diajak untuk mengenal diri sendiri melalui situasi
sehari-hari yang telah dilakukan.
3. Konselor
mulai memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengerucut kepada kesadaran diri
peserta didik.
4. Ice
Breaking yang kedua yaitu untuk melatih konsentrasi peserta didik dengan
mengikuti apa yang telah diinstruksikan oleh konselor.
5. Identifikasi (What You See)
Memberikan pertanyaan reflektif
berdasarkan fantasi tersebut, dan meminta peserta untuk mendiskusikannya
dalam kelompok.
1. Bagaimana perasaan kamu ketika
melakukan kegiatan ini?.
2.
Apakah kamu
sudah mengenal diri dengan baik?.
3.
Apakah kamu memiliki kompetensi
baik minat, ataupun bakat di dalam diri kamu?
Analisis (What You Feel)
Mengajak peserta untuk melihat kepada
diri sendiri :
1. Merasa /“Who Am I” siapa diri saya?.
2. Apakah
saya sudah mengenal diri sendiri ?
3. Apakah saya sudah bermanfaat dan apakah
saya akan
mengembangkan sikap positif?.
4.. Apabila belum bermanfaat, apa yang
akan saya lakukan?.
Generalisasi (What’s next)
1.
Apakah saya sudah mengenal diri saya?
2.
Apakah saya memiliki kesadaran diri dengan mengenal diri saya sendiri?
3.
Apakah saya sudah berinteraksi dengan baik terhadap diri dan lingkungan saya?
1. Setelah selesai, sangatlah penting untuk
membahas kesulitan-kesulitan dalam
melakukan kegiatan
ini dan yang paling penting
peserta bisa berbagi mengenai
makna yang diambil.
2. Konselor
memberikan sedikit kata-kata mutiara yang dapat memotivasi peserta didik.
3. Melakukan refleksi terhadap diri sendiri,
apakah peserta sudah mengenal diri sendiri selama ini.
4. Peserta membuat kesimpulan bersama:
(a)bagaimana caranya kita bisa mengenal diri sendiri dan memiliki kesadaran
diri untuk selalu bermanfaat buat diri dan orang lain, (b) bagaimana kita belajar
dari orang lain untuk meningkatkan kompetensi baik minat ataupun bakat kita.
5. Peserta
didik memberikan kesan dan pesannya kepada konselor.
|
Terminasi
|
|
A. Refleksi Umum
|
Sebelum mengakhiri kegiatan ini, konselor melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Kemudian mengambil
kesimpulan bersama atas makna yang didapat pada saat melakukan kegiatan.
Berbagi pendapat atas manfaat yang didapat.
|
B. Tindak Lanjut
|
Konselor menyampaikan rencana kegiatan selanjutnya untuk peningkatan potensi diri konseli melalui
“self awareness training”
|
C. Evaluasi Tindak Lanjut
|
Dalam bimbingan kelompok yang melalui proses “role playing” ini, peserta dituntut
untuk mengenal diri sendiri lebih dalam. Refleksi kepada diri peserta harus
melihat potensi diri untuk bisa bekembang
melalui “self awareness”. Diharapkan
dengan dilakukannya bimbingan kelompok ini, peserta dapat meningkatkan
kesadaran dirinya melalui pengenalan diri sendiri, sehingga akan fokus untuk
mencapai tujuan yang ingin dicapai.
|
Komentar
Posting Komentar